Didattica a distanza: l’opportunità del social reading

didattica a distanza

Di saat darurat ini, di mana tujuannya adalah untuk mempromosikan pembelajaran jarak jauh, Profesor Elvira Bernardini berbagi pengalamannya dengan Betwyll.

Pertemuan saya dengan membaca sosial berawal beberapa tahun yang lalu, dengan proyek TwLetteratura yang didedikasikan untuk “Almarhum Mattia Pascal”. Saya memiliki kelas yang bagus. Kami membaca buku, membuat brosur dengan ringkasan proyek dan apa yang dilakukan di rumah. Kemudian kami membagikannya pada Hari Digital di Brescia.

Tahun ini, dengan kelas yang tidak terlalu condong ke bacaan tradisional, saya mencoba proyek #XmasTwylls, selama liburan Natal. Saya memantau siswa dengan nama panggilan mereka. Hampir semua orang membaca. Saya membaca komentar mereka dan menaruh sedikit hati jika saya menyukainya. Sekembalinya kami, kami berbagi pengalaman: mereka menyukainya. Mereka mengerti apa artinya menjadi bagian dari “komunitas”, mereka menggunakan ponsel secara berbeda. Mereka tertawa memikirkan hati kecil itu.

Kesempatan dalam keadaan darurat

Dengan ditutupnya sekolah-sekolah untuk pencegahan virus corona, saya merasa beruntung telah mendaftarkan kelas dalam proyek #ProjectPont, dalam waktu yang tidak terduga. Saya menyukai inisiatif baru ini untuk tema – penyihir, legenda, sihir – saya selalu menyukainya. Aspek pluralitas bahasa yang diajukan juga menarik.